Ini Dia 5 Tips untuk Atasi Bau Mulut Saat Anda Pakai Masker

- 1 Juli 2020, 11:21 WIB
Ilustrasi pakai masker/Shutterstock

FIXPEKANBARU.COM - Masyarakat perlu terbiasa menerapkan protokol kesehatan di masa new normal. Salah satunya dengan menggunakan masker ketika ke luar rumah.

Saat pakai masker tentu kita menghirup aroma napas sendiri. Lama-kelamaan, pemakaian masker bisa saja menimbulkan aroma mulut tak sedap. Nah, agar tetap nyaman saat menjalani protokol kesehatan ini, yuk cari tahu beberapa cara untuk mengatasi bau mulut tak sedap saat pakai masker.

Dikutip FIXPEKANBARU.COM dari hellosehat.com, penggunaan masker di masa new normal merupakan langkah sederhana untuk melindungi diri dari kuman, bakteri, ataupun virus penyakit. Meskipun memiliki fungsi penting, kerap penggunaan masker dalam waktu yang lama menimbulkan rasa tidak nyaman.

Disebutkan dalam Journal of Occupational and Environmental Hygiene, penggunaan masker dalam waktu 8 jam bisa meningkatkan ketidaknyamanan. Meskipun tidak disebutkan dapat berdampak negatif terhadap kesehatan, ketidaknyamanan ini bisa berdampak pada produktivitas para pekerja.

Ketika Anda perlu menggunakan masker sepanjang hari, bisa jadi timbul aroma mulut yang kurang sedap dan berpengaruh pada konsentrasi Anda saat beraktivitas.

Bau mulut atau halitosis memang dapat menjadi gejala penyakit seperti GERD, diabetes, sinus, gigi berlubang, dan lainnya. Namun, dalam kondisi normal, bau mulut tak sedap merupakan masalah umum yang bisa terjadi pada siapa saja saat mamakai masker.

Ada beberapa penyebab umum bau mulut tak sedap.

- dehidrasi dan mulut kering
- tidak menjaga kebersihan mulut
- merokok
- konsumsi makanan atau minuman pemicu bau mulut, seperti kopi, bawang putih, dan bawang bombay

Bila Anda mengalami bau mulut saat mengenakan masker, bisa jadi beberapa hal di atas adalah penyebabnya. Tak perlu cemas, Anda bisa mengatasi masalah kondisi ini.

Ini saatnya Anda mengetahui cara mengatasi bau mulut tidak sedap, agar bisa tetap nyaman saat pakai masker.

Halaman:

Editor: A Rizal


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X