Abrasi di Pulau Terluar Makin Parah, DPRD Riau Desak Pemerintah Pusat Bangun Turap

- 30 Juni 2020, 20:20 WIB
Anggota DPRD Riau, Eddy M Yatim

FIXPEKANBARU.COM - Pemerintah pusat melalui kementerian terkait diminta untuk memperhatikan masalah abrasi pulau-pulau terluar di Provinsi Riau. Karena, saat ini abrasi di pulau terluar yang ada sudah semakin parah.

Hal itu ditegaskan anggota DPRD Riau, Eddy M Yatim, Selasa (30/6/2020) dalam acara rapat koordinasi Gubernur Riau dengan anggota Komisi V DPR RI, Syahrul Aidi.

"Abrasi di pulau terluar Riau semakin parah, apalagi setiap tahun terus berkurang hingga tiga meter. Terkait hal ini kami minta perhatian dari pemerintah pusat," tandasnya.

Oleh karena itu, melalui anggota Komisi V DPR RI, Eddy M Yatim minta agar hal tersebut disampaikan kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian PUPR.

"Kalau abrasi terus dibiarkan maka bisa mengancam kedaulatan kita. Sebab, berbatasan langsung dengan negara tetangga. Karena hal ini terus menerus terjadi sehingga perlu tindakan nyata," pungkasnya.

Salah satu upaya pengendalian abrasi, menurut Eddy M Yatim, yaitu dengan pembangunan turap. Namun, untuk pembangunannya tidak bisa hanya dengan mengandalkan APBD Riau maupun APBD kabupaten/kota.

"Kalau mengandalkan APBD, akan habis untuk itu saja. Jadi memang harus ada bantuan dari pemerintah pusat," pintanya.**

Editor: A Rizal


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X