Kenaikan Harga TBS di Riau Dipengaruhi Naiknya Harga Minyak Mentah Dunia

- 30 Juni 2020, 17:14 WIB
Ilustrasi petani sawit/Net

FIXPEKANBARU.COM - Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Defris Hatmaja mengatakan, kenaikan harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Riau periode ini masih dipengaruhi oleh kenaikan harga minyak mentah dunia.

Menurutnya, mobilitas yang dicirikan dengan tingkat kemacetan mulai teramati di berbagai kota besar di dunia membuat harga minyak mentah ikut terangkat naik.

"Kenaikan harga minyak mentah ini turut membuat harga komoditas minyak sawit mentah (CPO) ikut terapresiasi, karena kenaikan harga minyak membuat penggunaan CPO untuk bahan baku biodiesel menjadi lebih menarik dan turut mendongkrak permintaan," ungkap Defris di Pekanbaru, Selasa (30/6/2020).

Seperti diketahui, untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami kenaikan sebesar Rp239,47 per Kg, Sinar Mas Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp229,00 per Kg.

Disamping itu, Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp212,00 per Kg, dan Asian Agri Group mengalami kenaikan sebesar Rp220,01 per Kg dari harga minggu lalu.

Sedangkan untuk harga jual kernel, Astra Agro Lestari Group mengalami penurunan sebesar Rp27,27 per Kg, dan Asian Agri Group mengalami kenaikan sebesar Rp71,00 per Kg dari harga minggu lalu.

"Untuk harga CPO Rp7.437,70 per kg dan harga kernel Rp4.330,33 per kg," kata Defris.**

Editor: A Rizal


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X