Disdik Ingatkan Masyarakat Daftar Sekolah Tak Gunakan Surat Domisili Palsu, Kok Bisa?

- 30 Juni 2020, 13:57 WIB
Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas

FIXPEKANBARU.COM - Terhitung mulai 1-7 Juli mendatang, seluruh sekolah mulai Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Pekanbaru telah membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020-2021 dengan sistem zonasi.

Ditahun ini, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru mengingatkan agar masyarakat tidak memalsukan atau memanipulasi data tempat tinggal.

"Jangan sampai nantinya ada masyarakat Pekanbaru yang memanipulasi data hanya karena ingin anaknya masuk sekolah pilihan atau favorit di Pekanbaru. Jika terbukti, ada oknum masyarakat yang berani memanipulasi data, tentu sanksi akan kami berikan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas, Selasa 30 Juni 2020.

Baca Juga: Disdik Pekanbaru Belum Izinkan Belajar Tatap Muka, Sekolah Bandel Dilaporkan ke Gugus Tugas Covid-19

Ismardi menyebutkan, sanksi yang akan diberikan yakni mengeluarkan peserta didik. Untuk itu, data yang diberikan harus bisa dipertanggungjawabkan saat PPDB dimulai.

"Makanya kami ingatkan dari sekarang. Jangan sampai nantinya memberikan data palsu. Apalagi sekarang kan bisa dibuat atau minta surat domisili ke lurah atau camat," tegasnya.

Ismardi yang juga Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Pekanbaru menambahkan, meski PPBD tahun ini masih menggunakan sistem zonasi, namun Disdik Pekanbaru menginstruksikan seluruh sekolah untuk tidak berpatokan pada surat domisili itu saja.

"Jadi tidak hanya bukti surat satu lembar itu saja. Kita ingin benar- benar ada bukti surat seperti Kartu Keluarga (KK). Kita akan lihat di KK, baru nanti surat domisili," pungkasnya.

Baca Juga: Tahun Ini Tidak Ada Penerimaan Pegawai Negeri, BKD Riau Fokus Selesaikan Seleksi CPNS 2019

Sekedar informasi, tahun ini di Kota Pekanbaru untuk PPDB dengan sistem zonasi dimulai sejak 1-7 Juli, pengumuman 8 Juli, daftar ulang 9-11 Juli dan mulai masuk sekolah 13 Juli.

Halaman:

Editor: A Rizal


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X