BMKG Pastikan Masih Ada Aktivitas Terjadinya Karhutla di Kabupaten Pelalawan dan Kota Dumai

- 30 Juni 2020, 11:58 WIB
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)

FIXPEKANBARU.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, pada Selasa (30/6/2020) ini mencatat masih terdapat hotspot atau titik panas di beberapa wilayah Riau.

Namun, angkanya menurun jika dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Hal tersebut dikatakan Sanya Gautami, Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Selasa (30/6/2020). "Sebelumnya terdapat 41 titik api, tapi hari ini berkurang menjadi 20 titik api," terangnya.

Menurut Sanya, 20 hotspot tersebut tersebar di 5 wilayah dengan sebaran terbanyak masih berada di Kabupaten Pelalawan, yaitu 11 titik api.

"Di Kabupaten Pelalawan 11 titik, Kota Dumai 5 titik, Kabupaten Indragiri Hilir 2 titik, Kabupaten Rokan Hulu dan Kabupaten Siak masing-masing 1 titik api," sambungnya.

Dari jumlah itu, Sanya menambahkan, 3 titik diantaranya berada di level tinggi yakni 80-90 persen.

Artinya masuk kategori titik api. Hal ini menandakan diwilayah tersebut dipastikan masih ada aktivitas terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Tiga titik api ini berada di Kabupaten Pelalawan 2 titik, yaitu masing-masing di Kecamatan Bunut dan Kecamatan Langgam. Sedangkan 1 titik terdapat di Kecamatan Bukit Kapur, Kota Dumai," sebut Sanya.

Sementara, pihak BMKG tetap mengimbau pada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas yang bisa memicu terjadinya Karhutla.**

Editor: A Rizal


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X